Jumat, 29 Juni 2018

Nggak punya Partner ? Berikut 3 Hal Penting Saat Traveling Sendirian

Siapa bilang traveling harus selama beramai-ramai? Anda bisa melakukannya seorang diri. Banyak keuntungan dari traveling sendirian, contohnya penggunaan waktu jadi lebih fleksibel. Berikut ini adalah 3 hal penting saat traveling sendirian agar tetap seru.


1. Yakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa


Semua dimulai dari kepercayaan diri. Yakinlah bahwa Anda bisa pergi traveling tanpa siapapun. Mungkin kelihatannya agak menakutkan, tetapi saat dilakukan ternyata tidak seseram itu. Laki-laki maupun perempuan bisa solo traveling dengan aman asalkan tahu caranya. Jika tidak percaya, Anda bisa membaca pengalaman orang-orang lain di internet.

Yang harus dilakukan saat traveling sendirian adalah selalu waspada. Tidak ada orang lain yang membangunkan Anda atau mengingatkan untuk check in pesawat tepat waktu. Anda bertanggung jawab atas diri sendiri. Karena itu, penting untuk menyusun jadwal traveling agar bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal.

Jika merasa kesepian saat traveling sendirian, Anda bisa mencari teman baru sepanjang perjalanan. Biasanya sesama turis akan senang kalau diajak jalan-jalan bersama. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berteman dengan warga lokal. Dari mereka, Anda bisa memelajari dan merasakan kehidupan sebenarnya di tempat tersebut.


2. Siapkan kebutuhan yang lengkap dan efektif


Karena hanya seorang diri, sebaiknya Anda menyiapkan barang-barang dengan lengkap. Jadi ketika butuh sesuatu, tidak perlu bingung mencari pinjaman atau mencari tempat yang menjualnya. Lebih baik siapkan sebelum berangkat. Mulai dari pakaian, peralatan mandi, makeup, obat-obatan, gadget, dan sebagainya.

Namun sebaiknya, hindari membawa barang terlalu banyak. Sebab hal tersebut akan merepotkan diri Anda sendiri. Tidak ada teman seperjalanan yang akan membantu bawa barang. Jadi, sebaiknya Anda membawa barang secukupnya saja agar bisa membawanya sendiri ke mana-mana. Pilihan tas juga perlu dipertimbangkan dengan matang.

Jika membawa koper, Anda memang bisa mengisinya dengan lebih banyak barang. Tetapi jenis tas tersebut tidak bisa dibawa di semua tempat. Kalau diseret di lantai bandara yang mulus memang baik-baik saja. Tetapi bagaimana kalau setelah itu harus melewati jalanan tanah yang tidak rata atau becek? Tas ransel adalah alternatif yang bisa dipertimbangkan.

3. Sebelum berangkat, pelajari tempat tujuan terlebih dahulu


Salah satu hal paling penting saat traveling adalah keselamatan. Supaya aman selama traveling, Anda perlu mengetahui tempat tujuan dengan baik. Sebelum berangkat, carilah informasi sebanyak mungkin tentang tempat itu. Mulai dari harga-harga barang, pilihan transportasi, etika masyarakat setempat, dan sebagainya. Hal tersebut penting karena hal yang bisa diterima di suatu tempat belum tentu diterima juga di tempat lainnya.

Saat traveling, status Anda adalah turis atau pendatang. Penting bagi Anda untuk menghormati kebiasaan dan budaya setempat. Jika mengunjungi objek wisata yang berupa tempat ibadah, biasanya turis harus berpakaian sopan. Pastikan untuk mematuhinya. Jangan asal melanggar peraturan karena meremehkan. Dampaknya bisa fatal, bisa-bisa Anda diusir dari tempat tersebut atau dibawa ke pihak berwajib.

Pastikan Anda juga mengetahui waktu-waktu yang strategis untuk menjelajah. Ada tempat wisata yang selalu ramai dan bisa dikunjungi setiap saat. Sebaliknya, ada pula tempat wisata yang hanya buka pada waktu tertentu. Sempatkan waktu untuk mencari tahu agar tidak membuang waktu dan tenaga.

Yang tidak kalah penting, sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan. Contohnya adalah menjelajah sendiri ke daerah yang rawan, mabuk bersama orang-orang tidak dikenal, dan sebagainya. Ingatlah: saat traveling sendirian, Anda harus bisa menjaga diri sendiri dengan sebaik mungkin. (source)


EmoticonEmoticon