Sabtu, 30 Juni 2018

Baru pertama kali traveling? Berikut 3 Tips Traveling untuk Pemula

Berencana traveling untuk pertama kalinya? Ada berbagai hal yang perlu disiapkan agar perjalanan lancar. Pastikan Anda mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya. Berikut ini adalah 3 tips traveling untuk pemula.


1. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat

Semakin banyak informasi yang dicari sebelum berangkat, semakin banyak pula waktu dan uang yang bisa dihemat selama traveling. Dijamin Anda juga tidak akan kebingungan. Karena itu, luangkanlah waktu untuk mencari informasi melalui buku, internet, video tutorial, atau bertanya langsung pada orang yang pernah traveling ke tempat tujuan Anda.

Apa saja informasi yang perlu dikumpulkan? Di antaranya adalah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, makanan lokal yang hendak dicoba, harga oleh-oleh, ketersediaan penginapan, transportasi, dan sebagainya. Carilah informasi sedetail mungkin dan catat di notes atau simpan di dalam ponsel supaya mudah dibaca.

2. Siapkan budget yang cukup untuk semua kebutuhan

Pastikan Anda tahu perkiraan dana selama traveling. Tidak hanya dana untuk tiket pesawat pulang pergi dan penginapan, tetapi juga dana untuk makan sehari-hari. Yang tidak kalah penting adalah anggaran untuk tiket masuk ke objek wisata. Siapkan pula uang untuk membeli oleh-oleh jika perlu. Jangan lupa pada anggaran tidak terduga.

Jika budget tidak cukup, jangan memaksakan diri untuk pergi ke tempat-tempat yang mahal. Sebenarnya banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi secara gratis. Untuk penginapan, Anda bisa mempertimbangkan hostel apabila tidak bisa menginap di hotel. Jika tinggal di hostel, Anda akan menginap bersama turis-turis lain di dalam satu kamar, tetapi harganya jauh lebih murah.

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk membawa uang saat traveling. Pertama adalah membawa uang tunai. Jika Anda traveling ke luar negeri, pastikan untuk menukarnya terlebih dahulu di money changer. Sedangkan cara kedua adalah membawa ATM lalu menarik uang setelah sampai di negara tujuan. Walaupun lebih praktis, tidak semua ATM bisa melakukannya dan Anda harus membayar biaya administrasi yang cukup mahal.

3. Berkemas dengan efektif

Tidak perlu membawa semua barang saat traveling. Bawa saja beberapa barang yang betul-betul perlu, seperti pakaian, alat mandi, obat-obatan, gadget, dan sebagainya. Pilihan pakaian pun perlu dipertimbangkan masak-masak. Pilih baju dan celana yang nyaman dan mudah dipadupadankan. Jadi, Anda tidak perlu membawa banyak pakaian.

Untuk alat mandi, Anda bisa mengakalinya dengan membawa versi kemasan kecilnya. Tidak perlu membawa sebotol sampo kalau bisa membawa beberapa sachet saja. Begitu pula dengan makeup. Hindari membawa terlalu banyak produk kecantikan. Lebih baik bawa produk yang betul-betul akan dipakai dan cocok untuk segala situasi.

Packing yang efektif sangat dibutuhkan agar barang bawaan tidak kelebihan berat. Jika Anda naik penerbangan murah, biasanya hanya boleh membawa barang untuk kabin pesawat seberat 7 kilogram. Kelebihan beratnya akan dikenai biaya. Untuk jenis penerbangan tersebut, Anda juga biasanya harus membayar lebih kalau ingin memakai bagasi pesawat. Jadi sebaiknya bawa barang-barang secukupnya saja agar hemat.

Pemilihan tas juga turut berpengaruh. Jika memilih liburan secara backpacking, berarti sebaiknya Anda membawa tas ransel. Jenis tas tersebut lebih ringkas dan mudah dibawa. Sedangkan jika ingin lebih leluasa, Anda bisa membawa koper. Ada dua jenis koper, yaitu koper hardcase yang aman tetapi mahal dan koper softcase yang lebih murah tetapi kurang aman. Pastikan untuk melengkapinya dengan gembok agar aman. (source)


EmoticonEmoticon