Sabtu, 16 Juni 2018

5 Tips Aman untuk Perempuan saat Traveling

Siapa bilang perempuan tidak bisa traveling sendirian? Saat ini banyak perempuan dari seluruh dunia yang telah melakukannya. Mereka tidak takut ataupun khawatir karena telah mengetahui tips dan trik yang tepat. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini adalah 5 tips traveling yang aman untuk perempuan.


1. Cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang tempat tujuan


Hal ini perlu dilakukan siapapun sebelum traveling. Semakin banyak informasi yang diketahui, semakin hemat pula waktu dan uang Anda. Jadi tidak akan banyak kebingungan selama traveling. Carilah berbagai informasi mulai dari jam buka objek wisata, harga oleh-oleh, hingga makanan khas yang tersedia di sana. Informasi tersebut akan membuat Anda lebih waspada dan tidak mudah ditipu.

2. Ikuti etika yang berlaku di sana


Setiap tempat memiliki peraturan dan etika yang berbeda. Supaya tidak menyalahinya, Anda perlu mencari tahu dahulu sebelum ke sana. Salah satu etika yang paling penting adalah saat berkunjung ke objek wisata yang sekaligus berupa tempat ibadah. Para turis yang masuk tidak boleh menggunakan celana pendek karena tidak sopan. Bagaimana kalau telanjur memakainya? Jangan khawatir, biasanya di sana disediakan kain bawahan yang bisa dipinjam. Jadi Anda tetap bisa masuk tanpa menyalahi aturan.


3. Simpan nomor-nomor yang bisa dihubungi saat darurat


Handphone adalah gadget yang tidak boleh ketinggalan saat traveling. Selain bisa untuk menghubungi orang-orang dan memesan tiket pesawat serta penginapan, handphone juga sangat berguna untuk alasan keselamatan. Catatlah nomor-nomor yang bisa dihubungi saat kondisi darurat. Contohnya nomor kepolisian, rumah sakit, dan sebagainya. Informasi tersebut bisa diperoleh melalui internet. Kalau tidak, tanyakan saja pada pihak penginapan. Dengan senang hati pasti mereka akan memberi nomor-nomor tersebut.

4. Hafalkan tempat yang bisa dijadikan perlindungan


Sedang berlibur ke luar negeri? Jika waktunya lama, tidak ada salahnya untuk melapor ke kedutaan Indonesia di negara tersebut. Jadi, mereka tahu kalau Anda sedang berada di sana sampai jangka waktu tertentu. Mintalah bantuan mereka jika terjadi sesuatu yang buruk, contohnya kecurian dompet dan paspor atau terlibat perkelahian dengan warga sekitar. Tentu mereka akan membantu sebisanya.

Walaupun berada di negara asing, Anda tidak sendirian. Kalau mengalami masalah, mintalah bantuan ke pihak berwajib. Seandainya tidak memungkinkan untuk pergi ke sana, minta pertolongan saja dari orang-orang yang ada di sekitar. Misalnya pemilik penginapan, teman sekamar, dan sebagainya. Sebaliknya, Anda juga perlu memberi pertolongan saat diminta. Tetapi tidak perlu memaksakan diri, kalau memang tidak bisa membantu, tolonglah sesuai kemampuan Anda.

5. Hindari jalan-jalan sendiri terlalu larut


Selalulah waspada di manapun Anda berada. Kalau bisa, hindari berjalan-jalan sendirian saat larut malam, terutama jika tempat tersebut terkenal rawan. Ada berbagai hal buruk yang bisa terjadi dalam kondisi tersebut. Misalnya pencurian, pemerkosaan, hingga pembunuhan. Kondisi akan semakin sulit apabila Anda tidak mengenal lingkungan dengan baik. Jadi saat berusaha kabur, mungkin justru semakin tersesat.

Lebih baik Anda jalan-jalan saat pagi, siang, sore, dan malam yang tidak terlalu larut. Kalau khawatir pergi sendirian, ajak saja teman dari penginapan. Tetapi, pastikan dia memiliki niat yang baik dan tidak akan macam-macam dengan Anda. Sebaiknya Anda juga menghindari kegiatan yang berbahaya seperti mabuk-mabukan bersama sekelompok orang yang tidak dikenal. Lebih baik cari kegiatan lain yang lebih aman. (source)


EmoticonEmoticon