Senin, 25 Juni 2018

Bingung Mau Ngapain? 3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ketinggalan Pesawat

Saat traveling, ada berbagai transportasi yang bisa menjadi pilihan. Contohnya adalah kereta api, kapal, hingga pesawat. Saat ini semakin banyak tiket pesawat yang murah sehingga kesempatan traveling terbuka lebar. Tetapi hati-hati, jangan sampai ketinggalan pesawat yang sudah dipesan! Seandainya terjadi, berikut ini adalah 3 hal yang harus dilakukan saat ketinggalan pesawat.


1. Sadarilah bahwa itu kesalahan Anda sendiri


Saat ketinggalan pesawat, terkadang orang-orang cenderung menimpakan kesalahan pada pihak lain. Entah pada taksi yang terlalu lambat mengantar ke bandara, keluarga atau teman seperjalanan yang lelet, atau pihak bandara yang tidak cekatan dalam memberi pelayanan. Mungkin alasan-alasan tersebut ada benarnya. Tetapi ingat, kesalahan terbesarnya ada di diri Anda sendiri. Anda bertanggung jawab atas hal tersebut.

Jika sudah mengetahui jadwal pesawat, mestinya Anda menyiapkan waktu yang cukup untuk berkemas di penginapan dan naik transportasi untuk ke bandara. Jadi, kemacetan selama di perjalanan bukanlah alasan untuk telat. Mestinya Anda sudah memperkirakan hal tersebut dan meluangkan waktu yang lebih banyak. Dengan begitu, tidak akan telat.

Langkah ini dilakukan bukan untuk menyalahkan diri sendiri. Tetapi, untuk menghindari pertengkaran dengan teman-teman seperjalanan. Ada kemungkinan Anda sekalian akan saling menyalahkan dan memarahi. Daripada kondisi tersebut terjadi, lebih baik masing-masing menyadari kesalahannya sendiri dan introspeksi. Jadi, tidak perlu drama berlebihan di bandara. Fokus saja pada langkah selanjutnya yang bisa dilakukan.

2. Segera mengurus tiket yang sudah hangus


Jika ketinggalan pesawat karena kesalahan sendiri, berarti tiket Anda hangus, tidak bisa dipakai lagi. Apa yang harus dilakukan? Segeralah pergi ke konter maskapai yang bersangkutan. Jika tidak tahu lokasinya, tanya saja pada petugas bandara. Biasanya bandara memiliki tempat khusus untuk menampung konter dari berbagai maskapai. Masing-masing dijaga oleh petugas yang akan membantu Anda.

Jelaskan masalah Anda pada petugas tersebut. Tanyakan solusi padanya. Apakah memungkinkan untuk mendapat pengembalian tiket? Setiap maskapai punya kebijakan yang berbeda. Ada maskapai yang bisa mengembalikan uang sekian persen, tetapi ada juga yang tidak bisa. Lebih baik bertanya dulu. Walaupun hanya dikembalikan 10%, setidaknya Anda tak sepenuhnya rugi. Tanyakan pula di mana dan kapan pengembalian tersebut bisa diurus. Apakah di tempat asal atau tujuan? Melalui pertemuan langsung atau internet?

Pastikan untuk bertanya sejelas mungkin, termasuk tentang bagasi. Jika Anda sudah telanjur check in dan memasukkan bagasi ke pesawat yang meninggalkan Anda, berarti bagasi tersebut hanya bisa diambil di tempat tujuan. Tunjukkan saja kartu identitas dan bukti tiket yang sudah hangus ke bagian Lost and Found maskapai yang bersangkutan.

3. Membeli tiket baru sesegera mungkin


Hal ini harus dilakukan secepatnya, apalagi jika Anda terburu-buru. Carilah tiket yang bisa berangkat hari itu juga. Tetapi biasanya, tiket yang tersisa tinggal yang mahal. Anda harus mengorbankan uang kalau ingin cepat sampai.

Berbeda halnya kalau Anda berusaha menghemat uang. Lebih baik cari tiket pesawat yang berangkat besok atau beberapa hari kemudian. Tentu pilihan harganya lebih banyak sehingga Anda bisa memilih yang paling murah. Bagaimana dengan penginapan? Kalau tidak ada kenalan yang bisa menampung Anda, pertimbangkanlah untuk menginap di bandara. Anda bisa menggunakan toiletnya secara gratis dan tidur di kursi-kursi yang disediakan. Ada pula kantin atau foodcourt untuk makan. (source)


EmoticonEmoticon