Sabtu, 23 Juni 2018

Catat! 5 Jenis Obat ini Harus Dibawa Saat Traveling

Kesehatan adalah hal yang utama saat traveling. Jika Anda sakit selama perjalanan, tentu akan menghambat banyak kegiatan. Jadwal yang sudah direncanakan sejak lama pun jadi sia-sia. Tidak ingin seperti itu kan? Untuk menghindarinya, lebih baik Anda membawa cadangan obat yang cukup. Jadi saat badan mulai merasa tidak enak, Anda bisa segera meminumnya sebelum sakit. Berikut ini adalah 5 jenis obat yang harus dibawa.


1. Obat Antimual


Obat ini terutama berguna saat perjalanan. Mungkin Anda akan naik pesawat, kapal, atau bus dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut bisa membuat mabuk, apalagi jika medan perjalanan tidak nyaman. Untuk mengakalinya, minumlah obat antimual sebelum berangkat. Efeknya akan membuat Anda tidak mudah mabuk. Jika tetap merasa mabuk, oleskanlah minyak kayu putih atau balsam dan hirup baunya.

2. Obat sakit perut atau diare


Salah satu hal menyenangkan saat traveling adalah wisata kuliner. Anda bisa mencoba makanan-makanan khas yang hanya ada di tempat tersebut. Sayangnya, terkadang perut tidak bisa menerima makanan asing. Anda pun sakit perut atau bahkan diare. Untuk mengobatinya dengan cepat, minumlah obat ini. Lalu oleskan minyak kayu putih atau balsam ke perut. Sebaiknya jangan melanjutkan perjalanan dulu sebelum rasa sakitnya mereda. Lebih baik istirahat sejenak. Jika perlu buang air besar, mintalah petunjuk arah dari orang sekitar. Jangan lupa siapkan sedikit uang, sebab terkadang harus membayar untuk menggunakan toilet umum.

3. Obat pusing


Cuaca yang panas bisa membuat cepat pusing, apalagi jika Anda berada di ruangan terbuka dalam waktu lama. Terik matahari akan membuat tubuh kepanasan dan pandangan berkunang-kunang. Jika terjadi kondisi tersebut, cepatlah pindah ke tempat yang teduh. Lalu minumlah obat pusing agar sakitnya mereda. Anda juga bisa memijat-mijat kepala sendiri. Setelah merasa lebih baik, barulah lanjutkan aktivitas. Sangat disarankan untuk memakai topi agar sinar matahari tidak mengenai kepala secara langsung. Jika tidak membawanya dari tempat asal, Anda bisa membelinya di tempat tujuan dengan harga cukup murah.

4. Obat flu


Tidak hanya terik matahari, udara yang terlalu dingin juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Efeknya adalah menggigil, bersin-bersin, hingga batuk dan demam. Tentunya kondisi tersebut sangat tidak nyaman saat traveling. Anda juga tidak bisa menjalankan rencana yang sudah disusun. Sebelum gejala sakitnya semakin parah, segeralah minum obat flu. Pastikan Anda sudah makan dengan cukup sebelumnya. Jangan lupa minum air putih yang banyak. Setelah itu, tidurlah di penginapan. Lebih baik mengorbankan satu hari untuk beristirahat, daripada berkeras tetap jalan-jalan lalu sakit lebih lama.

5. Vitamin


Supaya stamina tetap prima, sebaiknya Anda minum vitamin secara teratur. Terutama vitamin C, sebab akan membuat tubuh sehat dan tidak mudah sariawan. Saat traveling, kadang-kadang mungkin Anda lupa minum karena padatnya kegiatan. Kondisi tersebut akan berujung pada sariawan dan panas dalam apabila terjadi terus-menerus. Untuk mencegahnya, minumlah vitamin C secara teratur. Tidak perlu membawanya dalam botol besar, pindahkan saja ke botol kecil supaya lebih ringkas. Jika Anda bepergian bersama orang-orang lain, tawarkan vitamin tersebut pada mereka. Sebab, kesehatan mereka juga akan berpengaruh dalam perjalanan Anda. Maka Anda dan teman-teman perlu saling menjaga, mengingatkan, dan memerhatikan agar traveling lancar.(source)


EmoticonEmoticon