Minggu, 17 Juni 2018

Mau Irit? 5 Cara Traveling Semurah Mungkin

Ingin traveling, tetapi khawatir tidak punya dana yang cukup? Tenang saja. Sekarang semakin banyak tiket murah dan berbagai fasilitas lain yang membuat traveling semakin memungkinkan untuk siapa saja. Asal tahu caranya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang saat berlibur. Berikut ini adalah 5 cara traveling semurah mungkin.


1. Manfaatkan tiket pesawat promo


Dengan banyaknya maskapai penerbangan yang muncul, harga tiket yang ditawarkan pun semakin bersaing. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Salah satu maskapai yang sering memberi tiket promo adalah AirAsia. Dalam sekali penerbangan ke luar negeri, Anda bisa membayar beberapa puluh ribu saja. Bagaimana cara mendapatkan tiket promo tersebut? Daftarkan diri Anda ke website-nya, lalu berlanggananlah info terbarunya. Jadi Anda akan diberitahu setiap ada promo tiket pesawat. Biasanya harus berebut dan cepat-cepatan dengan orang lain, sebab memang banyak peminatnya.

2. Menginap di hostel, bukan hotel


Apa perbedaan hostel dan hotel? Biasanya, hotel cenderung lebih bagus dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Satu kamar hotel juga hanya diisi oleh satu pengunjung beserta orang yang menemaninya. Sedangkan hostel relatif lebih terbatas. Jika menginap di sana, Anda harus tidur sekamar dengan turis-turis lainnya. Tentu hal tersebut kurang nyaman, apalagi jika kamarnya sempit. Tetapi langkah ini akan sangat menghemat uang. Sebab, harga menginap di hostel jauh lebih murah daripada di hotel.

3. Ikut Couchsurfing


Couchsurfing adalah semacam komunitas global yang bertujuan membantu orang-orang bepergian ke luar negeri. Di setiap negara, ada banyak anggota Couchsurfing yang membuka rumahnya sebagai penginapan gratis. Tidak hanya itu, Anda juga bisa diberi makanan dan bahkan ditemani berjalan-jalan. Fasilitas yang disediakan biasanya berbeda di setiap tempat. Oleh karena itu, Anda perlu cermat mencari tempat yag paling cocok. Kalau bisa, pilihlah tempat yang dekat dengan objek wisata dan alat transportasi.

4. Makan dua kali sehari saja


Jika terbiasa makan berat tiga kali sehari, saat traveling Anda bisa menguranginya menjadi dua kali saja. Pilih waktu di tengah-tengah hari agar perut tidak kelaparan. Dengan begitu, Anda akan menghemat pengeluaran. Bagaimana jika kelaparan sekali? Belilah roti atau camilan murah lainnya untuk mengganjal perut. Anda juga bisa memilih penginapan yang menyediakan sarapan gratis. Setiap penginapan menyediakan pilihan sarapan yang berbeda, mulai dari roti bakar, nasi goreng, mie kuah, dan sebagainya. Anda juga bebas untuk memilih teh, kopi, susu, atau jus buah sebagai pendamping.

5. Manfaatkan kenalan di tempat tujuan


Banyak teman banyak rezeki adalah semboyan yang tepat saat traveling. Sebelum berangkat liburan, ingat-ingatlah siapa saja kenalan Anda di tempat tersebut. Hubungi mereka terlebih dahulu dan tanyakan apakah Anda bisa menginap di sana selama beberapa saat. Jika bisa, berarti Anda akan menghemat banyak uang karena tidak perlu membayar penginapan. Tetapi Anda harus tahu diri selama menumpang di sana. Usahakan membawa oleh-oleh untuk orang yang menampung Anda. Selain itu, jangan berbuat aneh-aneh dan patuhilah peraturan di tempat tersebut. Jangan pulang terlalu malam, sebab akan merepotkan kenalan Anda. Berusahalah untuk membantu pekerjaan sehari-hari juga. Mulai dari menyapu, mencuci piring, menjemur, dan sebagainya. Jadi kenalan Anda juga akan senang selama menampung Anda di sana.(source)


EmoticonEmoticon